Sabtu, 19 Februari 2011

Pengertian ERP ?


Pengertian ERP ?
ERP(Enterprise Resource Planning) atau Perencanaan sumber daya Perusahaan adalah suatu sistem perusahaan yang bersifat lintas fungsional dan bertindak mengintegrasikan dan mengotomatiskan berbagai proses bisnis yang harus terpenuhi di dalam suatu perusahaan seperti kegiatan pabrikasi, logistik, distribusi, akuntansi, keuangan, dan fungsi sumber daya manusia .
Perangkat lunak ERP adalah suatu kelompok modul perangkat lunak yang mendukung aktivitas bisnis yang terlibat dalam proses/kegiatan perkantoran (back-office) yang penting .
ERP dikenal sebagai suatu hal yang diperlukan untuk efisiensi, ketangkasan/kematangan, dan kemampuan bereaksi secara cepat kepada pelanggan dan penyalur, yang pada umumnya dibutuhkan oleh suatu perusahaan e-business agar berhasil dalam dunia e-commerce yang dinamis.

Manfaat ERP ?
Manfaat dari penggunaan ERP yaitu :
1) Mengintegrasikan data keuangan
2) Standarisasi proses opersi
3) Standarisasi Data dan Informasi

Keuntungan ERP?
Keuntungan yag bisa di dapat dari pemanfaatan ERP yaitu
1)    Penurunan inventori
2)    Penurunan tenaga kerja secara total
3)    Peningkatan service level
4)    Peningkatan control keuangan
5)    Penurunan waktu yang dibutuhkan dalam mendapatkan informasi

Beberapa software untuk menjalankan prinsip ERP yaitu
1)    SAP
2)    JDE
3)    BAAN
4)    Oracle
5)    Compiere (open source)

  Kendala Implementasi ERP ?
Dalam menjalankan bisnisnya, PT Kalbe menemui beberapa kendala terutama dalam penerapan
ERP. 3Kendala yang ditemui PT Kalbe Farma dalam implementasi ERP, yakni:

1.       Biaya yang tinggi
Biaya implementasi ERP yang sangat bervariasi dari ribuan dollar hingga jutaan dollar,
serta biaya Business Process Reengineering yang sangat tinggi.

2.       Perangkat keras dan lunak merupakan bagian kecil dari total biaya.
Manajemen PT Kalbe Farma menganggarkan US$500.000 untuk sistem dan Rp. 2-3
Miliyar untuk perangkat keras. Ini ditujukan agar keuntungan yang akan diperoleh
semakin tinggi.

3.       Tahun 2000 manajemen PT Kalbe Farma masih dalam proses melakukan konsolidasi
internal dan masih dalam proses pengintegrasian setelah merger dengan Dankos dan
Hexapharm Jaya.

4.       Mengenai change management terkait proses pemeliharaan dan pengembangan serta
endamping pada saat proses penerapan ERP di PT Kalbe Farma.

5.      Resiko yang tinggi
Jika terjadi kegagalan dalam implementasi ERP maka akan menimbulkan resiko yang
sangat tinggi yang kemudian akan membahayakan bahkan membunuh bisnis yang
bersangkutan.

 
Cara yang dilakukan PT Kalbe Farma dalam menyikapi kendala-kendala yang dihadapi adalah:
             a.  Melakukan Risk Assesment dengan melakukan pemetaan titik-titik yang dianggap rawan                    ka terjadi suatu musibah.
b.             b .   Membangun sebuah Disaster Recovery Center untuk menghindari kejadian-kejadian yang          tidak diinginkan seperti kebakaran maupun gempa bumi atau lainnya yang dimana
sebelumnya telah dilakukan kegiatan risk assesment untuk memlih lokasi yang tepat.
Kalbe Farma menggunakan Key Perfomance Indikator untuk menilai kinerja para vendor yang
pengukurannya didasarkan atas 5 parameter, yaitu right delivery, right quality, right quantity,
right price dan right service.



 

0 komentar:

Laman

Template by : kendhin x-template.blogspot.com